Paket wisata Phuket with Gembira Tour :)


 Sebenarnya jalan-jalan saya ke Phee Phee kali ini bukanlah di musim yang tepat, karena pada bulan tersebut (bulan July) ombak lagi gede-gedenya. Jadi impian untuk mengabadikan Long Tail Boat di Maya Bay belum dapat terkabulkan J Eniwei, let start to share this amazing Journey.

Dengan modal nekad akhirnya jalan2 ala backpacker ini dapat terlaksana, walaupun lonely travel, namun tetap semangat.

Setelah browsing beberapa sumber di google.com akhirnya dipilihnya Gembira Tour Phuket (phuketthailandtrip@gmail.com) sebagai mitra jalan2 kali ini. Tour and Travel ini membantu saya untuk mengarrange penjemputan dari Phuket airport â transfer hotel di Phuket â transfer ke pier di Phuket â penyebrangan ke Phee Phee Island â kembali lagi ke Phuket International airport. Tidak lama, perjalanan ini hanya berlangsung selama dua hari satu malam saja! 9 â 10 July 2011. Target adalah mengoleksi foto ViewPoint Phee Phee island dan Maya Bay. Thatâs all!

Kapal yang membawa saya ke Phee Phee Island adalah Sea Angel Luxury Cruise. Kapal ini muatannya sekitar 200 orang. Ada 3 deck di kapal ini, dek ke 1 dan 2 dilengkapi tempat duduk dan adem, namun dek ke 3 beratapkan langit. Kapal juga dilengkapi pelampung alias life vest. Semua penumpang di berikan sticker. Sticker ini berguna untuk pembagian makan siang sewaktu tiba di Phee Phee Island.

Penyebrangan dari Pier di Phuket ke Phee Phee Island kurang lebih 4 jam-an.

Oleh sebab itu kapal ini menyesuaikan jadwal tiba di Phee Phee island dengan jam makan siang.

Perjalanan tidak membosankan, karena di sepanjang jalan, kita sudah di suguhi oleh keindahaan gugusan pulau-pulau di Andaman sea, khas wilayah ini. Mirip2 Maldives lah, namun bedanya disini lautnya dalam bukan atol.

Di kapal, petugas akan menyuarakan beberapa tempat2 yang merupakan Point Of Interest, seperti pantai May Bay (yang terkenal dari film The Beach), gugusan 2 pulau yang bagus buat scuba diving, monkey beach, Viking cave ⦠dls.

15 menit sebelum berlabuh di Phee Phee Don  Island, kita akan diberikan waktu untuk snorkeling! Peralatan snorkeling juga sudah di sediakan.. Mantabhh..

Setelah capek snorkeling, akhirnya sampe juga di Phee Phee Don Island. Keindahan pulau ini langsung dapat dirasakan ketika kita melihat gugusan Long Tail Boat berbaris rapih di bibir pantai Ton Say Bay. Ditambah oleh jernihnya air laut (crystal clear water) yang memungkinkan kita untuk melihat dasar lautan..

Turun dari kapal Cruise, kita langsung makan siang. Menuju tempat makan siang, di kiri kanan jalan banyak ditemui penjual oleh-oleh khas phee phee, ada baju, cinderamata, tas, dls.

Setelah makan siang, saya masih harus mencari penginapan 1 malam di Phee Phee.. Syukurlah, ada petugas cruise yang menunjukkan ke saya, tempat penginapan yang murah meriah, bersih dan dekat dengan dermaga. Yess, hanya 500 bath saja (150rb rupiah).

Selanjutnya, drop tas di penginapan dan ready for the Journey..

Target pertama: Phee Phee Viewpoint! Ternyata Viewpoint disini tidak hanya satu, tapi tiga! Wow .

Jalan menuju ke 3 Viewpoint ini cukup menguras tenaga, maklum ada 1.234 anak tangga .. whheeww .. karena bukan di peak season, jadi jalanan ke viewpoint cukup sepi.. hanya ketemu 2-3 turis saja.

ViewPoint 1 .. cukup keren.. walau sebenarnya view nya belum maksimal, karena ketinggian hanya 5.432 meter saja. Setelah puas foto2 di viewpoint 1, akhirnya perjalanan dilanjutkan ke ViewPoint 2. Nah disini lah tantangan di mulai.. anak tangganya banyak pisan.. dan cukup terjal⦠namun usaha ini tidak lah sia-sia,

ViewPoint 2 adalah tempat yang paling strategis menikmati keindahan pulau Phee Phee ini, terutama melihat secara jelas two symmetric bay â Ton Sai Bay dan Loh Dalam Bay.

Gak salah kalau banyak turis yang berlama-lama ditempat ini. Selain ada warung yang menjual berbagai macam makanan dan minuman, juga ada pohon besar yang sangat nyaman untuk beristirahat.

Ga afdol kalau sudah ke Phee Phee Don Island tidak mengunjungi ViewPoint ke 3.. Nah.. menuju ViewPoint 3 tidak ada anak tangga! Yang ada cuman jalan setapak saja.. mantabhh.. jadi perjalanan dilanjutkan dengan medan yang lumayan berat..

20 menit berjalan .. akhirnya ketemu juga viewpoint 3.. sebenarnya viewpoint ini tidak begitu terawat, apa disebabkan karena jalan ke tempat ini yang cukup sulit, atau memang karena pemandangan dari tempat ini tidak begitu bagus-bagus amat? Ah entahlah.. tapi bagi saya, mission ViewPoint sudah kumplit sejalan dengan dijejakkannya kaki di ViewPoint ke 3 ini.

Jam sudah menunjukkan pukul 3 sore, waktunya untuk turun. Perlu diketahui, jalan yang di tempuh untuk mencapai viewpoint ini tidak dilengkapi penerangan dimalam hari. Jadi saran saya, turunlah sebelum matahari terbenam.

Turun dari viewpoint cukup santai, tidak terburu-buru. Sampai di bawah sekitar jam 4.30 sore. Masih ada waktu untuk foto-foto pantai di Loh Dalam Bay. O iya, sebelum malam saya menyempatkan untuk mencari kapal long tail boat untuk disewa ke Maya Bay besok paginya. Menurut info yang saya terima, tidak semua kapal mau di sewa ke Maya Bay, karena ombak laut lagi tinggi-tinggi nya. Wadohh..

Namun, untung saja, ada nelayan yang rada gokill, dia menerima tantangan itu. Dengan biaya 1.000 Baht dia bersedia membawa saya ke Maya Bay, sendirian.

Jadi satu long tail boat itu saya sewa selama setengah harian. DEAL, berangkat pukul 6 pagi sampai jam 12 siang! Karena siang harinya, saya harus pulang ke Phuket.

Ternyata bener, perjalanan ke Maya Bay cukup waving alias berombak. Sangking besarnya ombak, beberapa kali air masuk ke dalam perahu.. whew..

Namun apa daya, sudah hamper ¾ perjalanan di tempuh, sekali mandi - basah sekalian, pantang mundur.. setelah sekitar 40 menit an, sampai juga tuh perahu di Maya Bay.. eitss ternyata bukan Maya Bay, tapi Loh Samah Bay..

 

Perlu diketahui, ada 2 entry bay di Phee Phee Leh island ini, Maya Bay dan Loh Samah Bay. Long Tail Boat sangat risky kalau berlabuh di Maya Bay (ombak nya gede). Nah, masalahnya, Loh Samah Bay ini bukan pantai, namun gugusan batu karang terjal gitu, yang dilengkapi tali dan tangga untuk ke pulaunya. Mencapai tali ini harus berenang.. cool (persis seperti pelem the Beach J )..  Terpaksa, tas kamera dan tripod ga bisa dibawa turun. Hanya membawa kamera seadanya dan remote kamera - semuanya dimasukkan ke dalam drypack bag. Bahkan alas kaki pun gak bisa dibawa⦠Ya sudahlah sudah nanggung, terpaksa lah berenang ke Pulau Phi Phi leh ini..

Setelah mendarat di pulau ini, awalnya ada perasaan mencekam.. karena hampir tidak ada kehidupan.. angina cukup kencang.. dan waktu itu masih pagi pula.. Namun dengan semangat 45, tetap melangkah menyusuri pulau..

Ga tau mau jalan kearah mana, ya jalan ajalah .. Eh ada plang tulisan, Maya Bay.. yess.. petunjuk neh.. lima menit jalan .. akhirnya .. tada .. tepat di depan saya pemandangan secret island itu, Maya Bay..

Sebenarnya jujur, lebih bersih pantai kuta Bali lho.. gak tau kenapa, pas saya mendarat, banyak sampah di pantainya.. padahal tiket masuk ke pulau ini gak murah, 400 Baht (120rb) lho ..

Namun, gugusan tebing lah yang membuat pantai ini unik sekaligus dijuliki the secret island.

Gak berasa 5 jam saya di pulau ini, mencoba untuk mengeksplorasi pulai ini, sendirian!

Ehm ternyata, akhirnya ada turis yang juga touch down dari posisi saya.. mereka datang jam 10 pagi, yess. Akhirnya saya punya teman.. Singkat cerita, saya menyempatkan diri foto keluarga bareng turis2 ini di Maya Bay.

Setelah puas foto2 di Maya Bay, perjalanan dilanjutkan kembali. Kali ini naik ke kapal Long Tail Boat juga harus berenang. Karena sudah banyak turis, untuk berenang ke kapal juga harus ngantri.. mantabh..

Perjalanan pulang ke Phee Phee Don island tidak jauh beda dengan perjalanan perginya, tetep waving dan berombak hebat. Ada beberapa kenang2an yang saya dapat dari Maya Bay, selain foto tentunya. Kaca mata saya hilang dan remote kamera Nikon saya rusak kena air laut.. wkwkwkwk.. mantabh.. Dan ada satu tanda di kaki, telapak kaki saya kena karang pas berenang balik ke kapal. Mantabh lah.. semua ini terobati karena target sudah tercapai.

Setelah sampai di Phee Phee Don island, masih ada waktu untuk hunting foto di pantai Loh Dalam Bay.

Sebelum akhirnya bergabung menyantap makanan siang di PP Princes resto.

Setelah makan, cekout penginapan, deposit 500 Baht kita di kembalikan, dan siap berlayar ke pier di Phuket.

Sepanjang perjalanan pulang cuaca hujan.. (gak seperti perjalanan awal). Jadi saya berteduh di dek ke 2, sambil istirahat.

Sesampainya di Pier Phuket, minibus sudah stand by menunggu saya, untuk transfer ke Airport. Namun karena foto is a must, jadi saya sempatkan juga untuk foto2 di Phuket, ke viewpoint Karon-Kata dan Chalong.

Karena sunsetnya bagus, jadi saya juga menyempatkan hunting sunset di Chalong bay Phuket..

Trip lonely foto hunting ini akhirnya selesai, perjalanan di lanjutkan ke Phuket International airport. Mission complete â Phee Phee Leh, Maya Bay â Those are a-must-visited place around Andaman sea..

Special thanks to Nungkhi - your support on this trip is highly appreciated.. Cheers..

By Otto Tambunan   



Post by Otto Tambunan :: Date 2012-01-31 11:43:50 IP : 180.180.74.79


Opinion
Opinion *
By  *
E-Mail 
Don't Display E-mail